Monday, November 11, 2013

Tanjungpandan, Belitung

     Kota Tanjungpandan adalah kota terbesar di Belitung, ibu kota kabupaten Belitung. Tanjungpandan berpopulasi sekitar 90.000 jiwa dan terletak di pantai Barat Belitung, 15km ke arah Barat dari bandara HAS Hananjoedin Belitung. Tanjungpandan adalah kota perdagangan utama, dimana terdapat pelabuhan yang disinggahi kapal-kapal yang sebagian besar berlayar dari Jakarta. Kota Tanjungpandan juga terletak di muara sungai Cerucuk, salah satu sungai terbesar di Belitung.


Pantai Tanjungpendam
Pantai ini adalah tempat bersantai warga kota untuk menikmati indahnya mata hari terbenam di sore hari. Terletak di kompleks bekas perumahan pejabat PT.Timah, membuat pantai Tanjungpendam cukup terawat sejak dulu. Di sini anda tidak akan menjumpai pantai pasir putih dan pepohonan kepala, tetapi khusus untuk anak-anak ada taman bermain yang cukup menarik. Dari pantai ini terlihat kapal-kapal hilir mudik masuk ke muara sungai Cerucuk dengan latar belakang pulang Kalamoa yang legendaris. 


 
Matahari terbenam dengan latar belakang kapal-kapal yang baru akan melaut dan pulau Kalamoa menjadikan tempat ini menarik untuk menikmati awal senja hari. Di malam hari pantai Tanjungpendam berubah menjadi tempat berkumpul masyarakat Belitung untuk menikmati aneka kuliner di restoran-restoran open air sekaligus ditemani alunan (live music) dari musisi lokal yang tampil di beberapa restoran. Di tempat ini juga sering digelar acara panggung pertunjukan kesenian. Terdapat pula berbagai fasilitas seperti lapangan basket dan futsal. Tanjung pendam juga menjad tempat nongkrong penggemar sepeda onthel yang cukup populer di Tanjungpandan.


  
Museum


Museum Tanjung Pandan pada saat diresmikan bernama Museum Perusahaan Negara Tambang Timah Belitung yang menjadi tempat penyimpanan berbagai batuan hasil penambangan, artefak peninggalan kerajaan di Belitung dan peninggalan kolonial. Memasuki museum ini Anda dapat menyaksikan porselin Cina yang diangkat dari kapal karam, senjata, hingga mata uang kuno Indonesia dalan berbagai nominal dan tahun keluaran. Museum Tanjung Pandan buka setiap hari pukul 08.00 - 16.00 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu jam buka kadang diperpanjang hingga pukul 17.00 WIB. Tiket masuk Museum Tanjung Pandan sebesar Rp 2.000 / orang (data diperoleh pada Mei 2012, harga dapat berubah sewaktu-waktu).


0 comments:

Post a Comment